Pengantar Kasus Produksi ActVDoc

Tragedi 1965 di NTT

Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) kembali menggelar forum Dengar Kesaksian Pelanggaran Berat HAM Masa Lalu dari tahun 1965 s.d. 2005, di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, 27 April 2013. Forum Dengar Kesaksian di Kota Kupang kali ini diselenggarakan oleh Jaringan Perempuan Indonesia Timur (JPIT). Ini merupakan forum Dengar Kesaksian ke-3 yang diselenggarakan KKPK dalam rangka Tahun Kebenaran, setelah forum serupa digelar di kota Solo dan kota Palu.

Tragedi ’65 adalah salah satu kasus yang diangkat di dalam forum Dengar Kesaksian d Kupang. Ada 6 orang yang akan memberikan kesaksian dari kasus Tragedi ’65 ini.

Peristiwa kekerasan pada tahun 1965/1966 terjadi meluas di berbagai wilayah Indonesia. Kekerasan atas nama ideologi tersebut di antaranya terjadi di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan bentuk seperti penahanan paksa, pembunuhan dan penghilangan paksa. Korbannya yang berjumlah ratusan ini pun dari beragam profesi seperti guru, pegawai pemerintah hingga masayarakat sipil. Menurut buku “Memori-Memori Terlarang” yang dikerjakan oleh Jaringan Perempuan Indonesia Timur, korban sebagian besar adalah orang-orang yang kritis dan berasal dari wilayah seperti Alor, Sumba, Sabu, Timor Tengah Selatan dan Kupang.

Dengar Kesaksian ini merupakan bagian dari Tahun Kebenaran (Desember 2012 – Desember 2013), sebuah momentum yang diciptakan KKPK untuk mencapai konsensus kebangsaan yang baru atas penyelesaian pelanggaran berat HAM masa lalu (1965-2005).

Konten Terkait

Menggapai Keadilan

ActVDoc

Tuhan yang Menuntun – Net Markus (NTT)

ActVDoc

Strategi dan Teknik Beracara Pidana – Johnson Panjaitan

ActVDoc

Tinggalkan Komentar