Pengantar Kasus Produksi ActVDoc

Kekerasan Pasca-Jajak Pendapat Timor Timur 1999

Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) kembali menggelar forum Dengar Kesaksian pelanggaran Berat HAM masa lalu (1965 – 2005), di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, 27 April 2013. Forum Dengar Kesaksian di Kota Kupang kali ini diselenggarakan oleh Jaringan Perempuan Indonesia Timur (JPIT). Ini merupakan forum Dengar Kesaksian ke-3 yang diselenggarakan KKPK dalam rangka Tahun Kebenaran, setelah forum serupa digelar di kota Solo dan kota Palu.

Kekerasan yang terjadi pasca Jajak Pendapat Timor-Timur tahun 1999 ialah salah satu kasus yang diangkat di dalam forum Dengar Kesaksian di Kupang. Perempuan banyak yang menjadi korban kekerasan pada masa ini. Ada 2 (dua) perempuan korban kekerasan di perbatasan Timor Barat dengan Timor Timur yang akan menceritakan kisahnya kehilangan dan terpisah dengan anggota keluarganya.

Dengar Kesaksian ini merupakan bagian dari Tahun Kebenaran (Desember 2012 – Desember 2013), sebuah momentum yang diciptakan KKPK untuk mencapai konsensus kebangsaan yang baru atas penyelesaian pelanggaran berat HAM masa lalu (1965-2005).

Konten Terkait

Menjadi Laut – Konser Musik Cinta MuktiMukti 2012

ActVDoc

Stolen Children – Meniti Jalan Pulang

ActVDoc

Operasi Militer, Keadilan Korban, dan Impunitas

ActVDoc

Tinggalkan Komentar